Narkoba

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

(Sumber: http://www.bnn.go.id)
Narkotika
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. (Undang-Undang No 35 tahun 2009). Contoh Ganja, Heroin, Morfin, Opium
Penggolongan narkotika berdasarkan potensi ketergantungannya :
  • Golongan 1 yaitu narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan karena memiliki potensi ketergantungan yang sangat tinggi. Contoh : Ganja, Opium, Putaw / Heroin, Amphetamin, Kokain.
  • Golongan 2 yaitu narkotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan untuk tinjauan ilmu pengetahuan serta memiliki potensi tinggi. Contoh : Morfin, Petidin.
  • Golongan 3 yaitu narkoba yang banyak digunakan untuk pengobatan dan mempunyai potensi yang rendah. Contoh : Kodein, papaverin.

Psikotropika
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkoba, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan prilaku (Undang-Undang No 5 tahun 1997). Contoh : Valium, Magadon, Luminal.

Bahan Adiktif
Bahan adiktif berbahaya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis bukan narkotika dan psikotropika yang dapat menggangu sistem syaraf pusat dan menyebabkan ketergantungan. Contoh : Alkohol, Coffein, Nikotin, Aseton, Ether.
Berdasarkan efek kerjanya narkba dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Stimulan : Merangsang SSP sehingga kerja organ meningkat. Contohnya : Amphetamin, Ekstasi. 
  2. Depresan : Menurunkan atau menekan SSP sehingga kerja organ menurun. Contohnya : Ganja, Heroin, Alkohol. 
  3. Halusinogen : Memberikan efek halusinasi pada pemakainya. Contohnya Lisergide, Ganja

Manfaat Narkoba
  1. Untuk penelitian (pengembangan ilmu pengetahuan) 
  2. Untuk pengobatan, contoh : sebagai obat bius untuk operasi, penghilang rasa sakit bagi penderita penyakit kronis.
Jangan lupa baca juga :

Posting Komentar untuk "Narkoba"

Youtube Murid Mengajar

Bantu kami capai 1000 subscriber pada platform YouTube.

Subscribe sekarang!